Sunday, November 2, 2014

HEAVEN ON EAST BORNEO: Maratua day 1

Hi rabbits,,

Me, my boyfriend and our power couple friends (Aji & Citra) have been planning this trip months before. After considering a few travel agent, we finally choose  Kakaban Trip!!

Mengapa Kakaban trip? Dari semua trip yang kami hubungi hanya Kakaban Trip yang bisa mengatur menginap di Kakaban Paradise Resort dengan harga yang menurut saya masih masuk akal. Sebagian besar tur travel yang kami hubungi hanya mau urus trip dan penginapan saja selama disana tanpa mau repot urus pesawat pp. Dengan harga yang kami bayar semua udah all in. Tur, makan, penginapan dan pesawat. Kami hanya bawa diri saja, semua udah diatur. Enak kan?

Saya dan teman-teman memutuskan untuk mengambil  tur 4 hari 3 malam (23-26 oktober '14) dengan paket yang berbeda. Saya memilih paket Maratua water villa resort dan dua teman saya memilih paket Maratua homestay.

Hari yang kita tunggu akhirnya tiba.

Jam 3 subuh saya, Mail, Aji dan Citra udah standby di Bandara Soekarno Hatta untuk flight Lion Air jam 5.
You have no idea how sleepy I was, cause I just arrived in Jakarta from Bandung at 10 pm and arrived at the Hotel Ibis Style airport at 12.30 am!! How long did I sleep? You do the math!

Kami kira pesawat akan transit di Balikpapan, ternyata setelah 2 jam perjalanan kami langsung tiba di kota Tarakan pukul 8.30 WITA (WITA 1 jam lebih maju dari WIB).

sky view kota tarakan
Bandara Juwata Tarakan

welcome to Tarakan

Begitu landing di Bandara Juwata, hal pertama yang saya rasakan adalah panasnya udara kota tarakan ini. Kalau kata orang sunda sih udara nya "ngaheab" yang artinya udara nya panas tidak bergerak..heheheh.
Setelah menunggu bagasi lumayan lama, kami disambut oleh tim Kakaban Trip di pintu keluar bandara. Ternyata orang-orang yang ikut tur ini sudah berkumpul dan menunggu kami. Ketua tim dari Kakaban Trip yang bernama mas Ryan memperkenalkan diri. Kemudian kami berkenalan dengan sesama peserta tur. Total peserta trip kali ini berjumlah 22 orang tanpa anak kecil.
Semua 22 orang peserta sudah lengkap, bis ber plat merah  sudah menunggu kami yang siap mengantar kami ke tempat makan siang. Sempat nanya juga kenapa kami dijemput bis ber plat merah. Kenapa bukan bis pariwisata yang biasa. Supirnya menjelaskan bahwa di kota Tarakan tidak ada bis pariwisata dan sejenisnya. Adanya juga hanya angkot yang dirasa kurang memadai untuk menjemput kami. So sweet banget yah...
Kata mas Anshar (staff Kakaban Trip) kota Tarakan ini kecil, jadi untuk sampai dari satu lokasi ke lokasi lain itu tidak butuh waktu yang lama. Andaikan Jakarta dan Bandung bisa seperti Tarakan yah, bebas macet gitu. Alangkah indah hidup kami! Tapi bensin disini langka sehingga harga nya mahal, bisa dilihat dari antrian panjang  ketika bis kami melewati pom bensin.
mas Anshar lagi briefing

Akhirnya kami tiba di Ikan Goreng Cianjur untuk makan siang. Saya sempat nyeletuk bercanda "mas resto ini juga ada di Bandung, kirain mau makan siang khas Tarakan". Mas Anshar bilang nanti pulang kita makan kepiting khas Tarakan. Berhubung perut udah lapar sekali dan mas Ryan bilang bebas boleh pesan apa saja, naluri tidak tahu diri kami keluar...hehehehe..SIKAT!

RM ikan goreng cianjur di Tarakan

After lunch, time to head to Maratua!!! Letak pelabuhan sangat dekat dengan tempat makan, lokasinya berada di seberang rumah makan. Pelabuhan Tarakan tidak sebesar yang saya bayang kan. Jauh lebih kecil daripada pelabuhan Merak. Dermaga tempat drop off penumpang pun kecil dan ala kadar nya.

pelabuhan tarakan

pelabuhan Tarakan

The moment I saw the speedboat that we are going to use, thank God I drank the antimo earlier when mas Ryan offered it. I'm telling you guys, if they offer you antimo just take it. Cause it will take around 3.5 hour journey from Tarakan to Maratua, so antimo will be your bestfriend to avoid dizziness and seasick. 3.5 hour is a long trip my friend!

speedboat milik kakaban trip

dalam speedboat
Settled in speedboat. Wear life jacket. Sleep!!! That antimo pill really worked like magic!
Perjalanan 3.5 jam tidak kerasa, tau-tau mas Ryan udah bilang kalau sebentar lagi sampai Maratua Resort. Semakin dekat dengan pulau Maratua, warna laut semakin jernih dan berwarna tosca. Mas Ryan bilang di resort air nya lebih jernih dan tenang. The closer I get the more excited I became.

In no time, we could see the resort from a distance. And mas Ryan was right, the water was clear as crystal. I just can't wait to jump and swim in the water.

maratua paradise resort
As we arrived at the resort. The scenery was breaktaking. I have no words to describe how beautiful the place is. From the resort we could see the clear turquoise sea, that made my heart just dropped.
Perasaan bangga dan malu berkecamuk dalam hati. Bangga karena Indonesia mempunyai tempat seindah ini dan perasaan malu karena selama ini saya mencari surga dunia dia negara lain.

Dermaga maratua resort

Welcome to maratua paradise resort

Maratua Paradise Resort ini terdiri dari dua pilihan tempat menginap. Water villa dan beach challet. Water villa dibangun diatas laut, sedang kan beach challet berada di pinggir pantai resort. Tema resort ini adalah kayu. Hampir semua bangunan disini terbuat dari kayu. Tema kayu sangat cocok dan selaras dengan alam sekitarnya. Meeting point resort ini adalah resto dan lobby yang mempunyai teras dengan view langsung menghadap laut. Resto dan lobby ini menjadi pusat dari resort yang dikelilingi oleh water villa  yang cantik cantik. Sekilas tematik nya mirip resort di Bora-bora.
lobby and resto

sea floor Maratua

touch down
waiting for our luggage

front terrace

Kapal kami tiba lebih awal dari pada kapal yang satu nya lagi. Jadi untuk check in ke villa kita harus menunggu barang yang berada di kapal satu lagi. Begitu mereka sampai, staff resort langsung bongkar muatan dan mas Ryan mengajak kami makan siang sambil membagikan kunci villa ke masing masing peserta.
I just can't wait to change in my bathing suit and swim. So I rushed my lunch and head quickly to my water villa. By the way my water villa is villa number 7.

entrance water villa
my water villa no 7

water villa number 7

Menurut saya water villa ini adalah main attraction dari Maratua resort. Bagaimana tidak? Selain dibangun diatas laut, setiap villa dilengkapi double bed dan single bed, ac, kulkas, kamar mandi yang lengkap dengan shower beserta bathtub nya. And for the cherry on top, each villa has a killer view! What more can you ask for? It's just a perfect place to relax.

comfy bed

an additional single bed

killer view from our terrace

After being settled in our villa. Unpack here and there. It's time to hit the water!!

Waktu sudah menunjukan jam 4 sore. Mail dan Aji udah tidak sabar ingin mengejar sunset. Sedangkan saya dan Citra ingin segera berenang di air jernih Maratua. Kami segera ganti baju dan pakai sunblock. Para lelaki pun sibuk dengan gadget dan perkakas membidik. Off we go!!

Dek sudah lumayan rame dengan teman-teman sesama tur yang ingin menikmati sunset dan berenang sore. Aji dan Mail pun tidak kalah sibuk mempersiapkan alat perang mereka mengejar sunset. Kata mereka sih timing is everything to catch the perfect sunset moment.

swim swim and swim

jernih nya air maratua
Air Maratua begitu hangat ketika kami memasuki nya. Air nya pun jernih sehingga binatang laut bisa terlihat jelas lalu lalang kesana kemari. Sebelum nya mas Ryan udah kasih peringatan mengenai binatang laut yang harus di hindari selama berenang di resort. Jadi sambil berenang sambil jaga diri juga.

Setelah puas keluar masuk air, saya dan Citra ikut gabung dengan Mail dan Aji yang masih sibuk membidik matahari. And what we saw was such a beautiful sight. The sky and water looks like it has no boundaries. As the sun goes down, the whole area seems like someone dimmed the light. It was magical and romantic at the same time. I could hear people around me gasp and "wow" as they see the beautiful sunset.

amazing sunset

The sun has rested and so should we. A hot shower and a nice dinner followed with an early sleep should end this day perfectly. As tomorrow our schedule is packed with fun and exciting things to do.

Perjalanan yang jauh terbayarkan sudah dengan keindahan pulau ini. Saat nya istirahat.
See you on day 2 rabbits,,

• Termasuk:
  • - Tiket pesawat PP
  • - Transportasi darat
  • - 3 Malam Maratua Paradise Resort, Full AC- Trip ke Derawan, Kakaban, Sangalaki, maratua, nabucco
  • - Asuransi perjalanan
  • - Makan selama trip 2 kali tarakan, 3 kali sehari di pulau
  • - lokal guide
  • - karcis masuk ke semua tempat wisata

Courtessy pictures by setiaji wibowo , ismail kusumalaga , myself, and oseu.

1. Mbak, nomer kontak penginapan yang di Maratua bisa dishare ?
    thanks ya..

1. dear pipit,,

Setahu gue Maratua Paradise, Contactnya: +628215757169229 atau +6285246585368 (Ilsam),,dicoba aja,,,soalnya kemarin reservasi penginapan via kakaban trip,,